B

Banner2Banner2
Bakosurtanal : Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional.
Bargaining : Bentuk kerja sama individu dengan individu, atau individu dengan kelompok dalam melaksanakan tawar-menawar atau perjanjian mengenai pertukaran barang-barang dan jasa-jasa antara dua organisasi/badan usaha atau lebih.
Barometer Aneroid : Alat yang berfungsi untuk mengukur tekanan udara di suatu tempat secara otomatis dengan satuan milibar (mb). Barometer ini tdak menggunakan zat cair.
Basalt : Butiran halus, hitam atau hitam kehijauan, kaya akan besi, magnesium dan kalsium.
Base Map : Peta yang berisi informasi dasar saja, misalnya: garis pantai, sungai, dan jalan-jalan utama saja (peta dasar).
Basin Floor : Bagian dasar laut mulai dari batas dengan lereng benua ke arah laut lepas yang topografinya relatif rata (dasar samudera).
Batu Bara : Salah satu jenis bahan bakar yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.
Batu Gamping : Batuan yang terdiri atas kalsium karbonat (CaCO₃) sekurang-kurangnya 50%. Batuan ini dapat terbentuk dari rombakan batu gamping yang umurnya lebih tua, endapan larutan CaCO₃atau endapan kulit kerang, kerangka-kerangka, skeleton, dan karang. Disebut juga batu kapur.
Batu Lava : Batuan yang terbentuk dari magmanya yang telah membeku di atas permukaan bumi. Contoh lava gunung berapi.
Batuan Pasir : Batuan sedimen yang kompak, terdiri atas butiran-butiran kuarsa yang bulat-bulat, ukuran butir-butir tersebut diantara 0,06 – 2 mm.
Batuan Beku : Batuan ini berasal dari magma cair yang kemudian membeku. Jika batuan beku ini terjadi setelah magma keluar ke permukaan bumi dan kemudian membeku, disebut batuan beku luar atau batuan lelehan, strukturnya porfir dan amorf.
Batuan Ekstrusif : Batuan yang membeku sesudah mencapai permukaan bumi.
Batuan Induk : Batuan yang terdiri atas batuan yang keras (padat) yang terletak di bawah lapisan tanah.
Batuan Intrusif : Batuan yang sudah membeku dan terlepas dari dapur magma tetapi belum sampai ke permukaan bumi.
Batuan Metamorf : Batuan yang berubah wujud akibat proses pemanasan atau menerima tekanan yang sangat besar dari lapisan di atasnya, contoh batu kapur menjadi marmer, tanah liat menjadi batu sabak, dan lain-lain.
Batuan Plutonik : Batuan yang membeku di dalam bumi.
Batu Pualam : Batu marmer yang berasal dari batu kapur.
Bekken : Lubuk Laut.
Bekuan : Material padat yang merupakan wujud dari magma yang telah dingin.
Bentang Alam : Pemandangan alam atau daerah dengan aneka ragam bentuk-bentuk permukaan bumi yang terhampar di atasnya, seperti pegunungan, gunung, perbukitan, lembah, hutan, daratan dan sebagainya sekaligus terlihat merupakan suatu kesatuan.
Benua : Daratan luas yang muncul di permukaan laut.
Bidang Patahan : Suatu bidang tempat terjadinya patahan biasanya tegak.
Big Bang : Teori yang menyatakan bahwa terbetuknya alam semesta dari sebuah ledakan besar.
Bintang : Benda angkasa yang mempunyai cahaya sendiri dan terdiri atas gas pijar.
Biosfer : Lapisan atau ruang permukaan bumi tempat berlangsungnya makhluk hidup meliputi flora dan fauna yang dikaji dalam biogeografi, dan lain-lain.
Biogeografi : Ilmu yang mempelajari persebaran makhluk hidup dalam lapisan biosfer.
Biotik : Unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, dan jasad renik (Unsur Hayati).
Bom : Batu berbongkah besar.
BPN : Badan Pertanahan Nasional, memiliki daftar tanah dengan diagram besar.
Bujur : Garis khayal pada permukaan bumi yang menghubungkan titik kutub utara dengan titik kutub selatan bumi. Permukaan bumi dibagi menjadi dua belahan, yaitu sebelah timur 0° – 180° Bujur Timur dan sebelah barat 0° – 180° Bujur Barat. Dua garis bujur yang penting adalah 0° Bujur merupakan meridian utama yang membagi bumi menjadi belahan barat dan belahan timur, dan garis 180° Bujur merupakan batas tanggal internasional.
Bujur Barat/BB : Tempat yang terletak di sebelah barat Greenwich dengan derajat 0° – 180° Bujur Barat.
Bujur Timur/BT : Tempat yang terletak di sebelah timur Greenwich dengan derajat 0° – 180° Bujur Timur.
BUMN : Badan Usaha Milik Negara.
BannerBanner

<< Back

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan copy dimana saja dan mohon kerelaannya untuk mencantumkan link berikut ini: https://abelpetrus.wordpress.com/geography/kamus-geografi/