G

Gada-gada : Kantong angin.
Galaksi : Kumpulan sejumlah bintang besar, bintang dalam kesatuan akibat gravitasi mutual.
Galaksi Bimasakti : Sistem kumpulan bintang yang sekarang dikenal sebagai tipe utama struktur alam semesta. Matahari termasuk dalam galaksi ini.
Galaksi Spiral : (Spiral Galaxis) Sekitar 80% galaksi yang sudah dikenal berbentuk spiral. Galaksi ini merupakan galaksi berstruktur paling sempurna, yang terdiri dari tiga bagian, yaitu titik pusat, lingkaran bintang, dan tumpuk bintang yang selalu berputar mengelilingi titik pusat secara ekuatorial. Contohnya adalah Galaksi Andromeda dan M.109.
Galaksi Elips : (Alliptical Galaxis) Galaksi ini meliputi 17% dari semua galaksi dan terlihat seperti bola lonjong besar yang bersinar. Contohnya adalah Galaksi Skulpter, Formaks, dan NGC.
Galaksi Tak Beraturan : (Irregular Galaxis) Galaksi ini terlihat seperti gumpalan kabut atau onggokan bintang yang tidak beraturan. Contohnya Galaksi Magellan yang terdiri dari Magellan Bersar dan Magellan Kecil.
Gambut : Tanah yang berasal dari bahan organik yang terbentuk karena genangan air sehingga peredaran udara di dalamnya sangat kurang.
Garis Astronomis : Garis lintang dan garis bujur yang ada dalam peta dan globe.
Garis Bujur : Garis khayal yang melintas secara vertikal dari kutub utara sampai kutub selatan, sehingga memotong garis equator (khatulistiwa) dan garis lintang.
Garis Lintang : Garis-garis khayal yang melintas secara horizontal dari barat sampai timur, dan berjajar paralel di sebelah utara dan selatan garis khatulistiwa dan memotong garis-garis bujur.
Garis Lydekker : Garis khayal seolah-olah membatasi lingkungan hidup fauna Indonesia barat dengan batas fauna Indonesia timur (Australis) dengan menggunakan garis kontur kedalaman laut antara 180-200 meter sekitar Paparan Sahul dan Paparan Sunda.
Garis Wallace : Garis khayal seolah-olah membatasi lingkungan hidup fauna Indonesia Barat (Asiatis) dengan Indonesia Tengah.
Garis Weber : Garis khayal seolah-olah membatasi lingkungan hidup fauna Indonesia Tengah dengan Indonesia Timur (Australiatis).
Gelisols : Tanah yang berada pada iklim dingin mengandung tanah beku sampai kedalaman 2 m dari permukaan bumi.
Gelombang Panjang : Gelombang yang merambat melalui permukaan bumi dengan kecepatan 3–4 km/detik. Gelombang ini berasal dari episentrum. Gelombang inilah yang banyak menimbulkan kerusakan di permukaan bumi.
Gelombang Primer : (Gelombang Longitudinal) Adalah gelombang atau getaran yang merambat di tubuh bumi dengan kecepatan antara 7–14 km/detik.
Gelombang Seismik : Gelombang gempa bumi yang dipancarkan dari sumber gempa.
Gelombang Sekunder : (Gelombang Transversal) Gelombang atau getaran yang merambat, seperti gelombang primer dengan kecepatan yang sudah berkurang yakni 4-7 km/detik.
Gempa Bumi : Getaran atau pergerakan lapisan bumi oleh tenaga dari dalam bumi yang dapat berupa gempa vulkanik, tektonik, dan gempa runtuhan (Seisme).
Geodesi : Ilmu bumi yang berkaitan dengan pengukuran tanah.
Geografi : Ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Menurut Erastothenes geografi berasal dari kata geographical yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bumi.
Geografi Fisik : Mempelajari aspek fisik, seperti lapisan makhluk hidup, lapisan air, dan lapisan udara.
Geologi : Pengetahuan alam yang mempelajari segala gejala yang terdapat di muka bumi dan di dalam bumi, seperti: komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya..
Gletser : Bongkahan atau lapisan es yang luas di pegunungan tinggi atau di daerah lintang tinggi yang mencair.
Gliptogenesa : Proses penghancuran atau pemerataan kembali gunung-gunung atau pegunungan.
Globe : Model tiruan bumi yang memberikan gambaran tentang bentuk bumi, sehingga mendekati bentuk yang sebenarnya.
Global Regional : Mempelajari hubungan sistematis antara kategori untuk wilayah tertentu atau lokasi di atas bumi.
GMT : Greenwich Mean Time
Gondwana : Daratan yang merupakan pecahan pangea di sebelah selatan.
Graben : Bentuk pengangkatan yang mengalami penurunan ke bawah.
Gradien Geotermis : Pada setiap ketinggian naik hingga 1.000 meter di muka bumi daerah tropis, maka temperatur udara akan turun 6°C.
Grumosol : Tanah yang terbentuk dari batuan kapur dan batuan gunung api.
Gunung Laut : Gunung yang dasarnya terletak di dasar laut, baik yang menjulang di atas permukaan laut atau tidak.

<< Back

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan copy dimana saja dan mohon kerelaannya untuk mencantumkan link berikut ini: https://abelpetrus.wordpress.com/geography/kamus-geografi/