Teks Paragraf

Mengatur Teks Paragraf Pada Photoshop CS3

ncp-mdb

Untuk mendapatkan tutorial ini silahkan klik menu download, lalu pilih sesuai dengan judul tutorial.
Semoga bermanfaat
Salam Kreasi & Tetap Semangat

PsTextAbel LovePada tulisan ini saya akan memberikan tips pengaturan teks paragraf pada program photoshop. Teks yang dibuat dengan menggunakan photoshop memiliki 2 tipe, yang pertama teks kata dan yang kedua adalah teks kalimat, untuk teks kata pengaturan paragraf tidak dapat dilakukan namun untuk teks kalimat pengaturan paragraf dapat dilakukan melalui palet paragraph.

Cara membedakan teks kata dan teks paragraf adalah dapat dilihat dari proses pembuatan teks tersebut, untuk teks kata dibuat dengan cara memilih teks tool lalu mengklik 1x pada area canvas/gambar kemudian mengetik sebuah kata/kalimat singkat setelah kursor terlihat berkedip.

Teks Tool Berkedip

Klik satu kali, maka tool akan berkedip

Teks Tool hanya muncul 3, yaitu: Left, Center, dan Right

Teks Tool hanya muncul 3, yaitu: Left, Center, dan Right

Sedangkan untuk teks kalimat dibuat dengan cara mengklik lalu drag membentuk sebuah kotak area teks, teks yang akan dibuat selanjutnya tidak akan keluar dari kotak tersebut.

Drag untuk membentuk Area Teks

Drag untuk membentuk Area Teks

Copy paste atau ketik teks yang Anda inginkan

Copy paste atau ketik teks yang Anda inginkan

Dapat dilihat bahwa teks kalimat di atas berbentuk paragraf dengan center, banyak pengguna photoshop tidak mengetahui cara untuk membuat perataan justify seperti layaknya pengaturan pada program office karena pada bagian option bar photoshop hanya terdapat tiga opsi pengaturan paragraf yaitu left, center dan right.

Untuk pengaturan teks paragraf pada program photoshop dapat dilakukan melalui palet paragraph, palet ini dapat dimunculkan melalui menu window kemudian klik paragraph. Block seluruh teks paragraf lalu klik justify last left atau sesuai kebutuhan pada palet paragraph.

Memunculkan Pallet Pragraph

Memunculkan Pallet Pragraph

Block Teks untuk mengatur paragraf

Block Teks untuk mengatur paragraf

Block semua teks lalu klik justify atau sesuai kebutuhan, misalkan pada gambar di atas menggunakan format justify last left untuk membuat rata kiri rata kanan dan kalimat berakhir pada rata kiri, atau jika kamu klik justify all, maka akan terlihat seperti pada gambar berikut:

Teks yang telah diatur dengan tool justify

Teks yang telah diatur dengan tool justify

Teks paragraf ini biasanya sering dimanfaatkan dalam pembuatan desain brosur ataupun katalog agar isinya terlihat lebih rapih. Demikian sedikit tips dari saya, semoga bermanfaat.

Selamat Berkreasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s