Persiapan Menyambut Tahun Baru 2013

Persiapan Tahun Baru 2013[1]

15662_244653548998708_695232111_n

Diva Angelia

Kelas 8G (2012-2013), SMPK Santo Yoseph Denpasar

Seperti yang kita ketahui, tahun baru merupakan peristiwa lazim dimana bumi telah berevolusi selama 365 hari. Momentum ini biasanya selalu dirayakan, baik secara sederhana maupun dengan kemeriahan. Tahun baru adalah moment yang menyenangkan bagi setiap orang. Tak sedikit orang yang menyiapkan acara tahun baru, terutama bersama keluarga. Ada yang berpergian keluar kota, ada pula yang hanya merayakannya di rumah. Tahun baru identik dengan “kembang api”, tentunya banyak merayakannya dengan membeli dan menyalakan kembang api agar terasa lebih meriah. Seperti yang biasa kita saksikan setiap pergantian tahun. Langit terlihat penuh dengan pemandangan kembang api. Ada yang besar dan meriah, ada pula yang sekedarnya saja. Di kota-kota besar ada pula gank motor dengan suara knalpot yang sengaja dibuat racing dan sangat membisingkan telinga. Tahun ini, saya merayakan tahun baru di rumah bersama ibu dan kakak. Persiapan kami menyambut tahun baru cukup sederhana. Kami hanya menyiapkan makanan dan beberapa cemilan. Pada malam hari, kami menikmati pemandangan kembang api di teras rumah. Karena sangat menarik, maka kami pun ikut menyalakan kembang api dengan tetangga. Langit saat itu lumayan cerah, sehingga kembang api yang terlihat di langit pun terlihat indah, penuh dengan warna warni, dan berbagai percikan yang menambah indahnya langit menyambut tahun baru.

Denpasar Festival 5 2012Dalam rangka menyambut tahun baru, pemerintah Kota Denpasar menggelar sebuah festival, adalah acara rutin yang diselenggarakan setiap akhir tahun. “Denpasar Festival” atau biasa disingkat “Denfest” tahun ini adalah festival yang ke-5 dengan tema: “Denpasar Kotaku, Rumahku”, berlokasi di Kawasan Catur Muka (sekitar Alun-alun Puputan Badung, Denpasar). Kebetulan rumah saya dekat dengan lokasi Denpasar Festival, yaitu di Jalan Gajah Mada – Jalan Veteran, Denpasar. Denpasar Festival sudah dipersiapkan sekitar seminggu sebelum acara dimulai, ini terlihat adanya tenda-tenda, panggung dan lain-lain yang sudah didirikan sebagai pelengkap kemeriahan Denfest tahun ini. Selain tenda stand dan panggung, terdapat pula tugu Catur Muka yang baru saja selesai direnovasi sebagai salah satu persiapan untuk mempercantik festival maupun kota ini. Festival ini dimulai tanggal 28 Desember 2012 dan berakhir tanggal 31 Desember 2012. Berbagai macam stand pameran ada disini dan semuanya berkaitan dengan kesenian ataupun produk kebudayaan Bali lainnya, seperti pakaian, makanan, aksesoris, lukisan, barang-barang antik, dan sebagainya.

Perayaan menyambut tahun baru tentunya identik dengan pesta kembang api. Disekitar rumah saya, nampak tidak semeriah tahun lalu, karena hujan kerap kali turun dipenghujung tahun ini. Namun, agar dapat tetap menikmati pesta kembang api, langit pun disinari dengan lasser untuk mencegah turunnya hujan. Selain pesta kembang api, ada pula orang merayakannya dengan bergerombol sambil mengendarai motor berkenalpot suara nyaring yang sering terdengar melintas di depan rumah saya. Sungguh sangat mengganggu bahkan sangat merugikan, karena mereka tidak sekedar menyaringkan suara motornya, tetapi juga kebut-kebutan.

Demikianlah suasana pada saat menyambut tahun baru 2013 di sekitar rumah saya. Melihat ada suasana seperti itu, ada yang positif ada pula suasana yang negatif. Menurut saya alangkah baiknya tidak terlalu berlebihan untuk merayakan tahun baru, seperti pawai motor bersuara nyaring, atau bahkan hingga mabuk-mabukkan, dan sebagainya. Karena itu hanya akan membawa dampak negatif, baik untuk diri sendiri maupun orang lain yang akan terganggu kenyamanannya. Lebih baik memanfaatkan kesempatan tersebut untuk berkumpul bersama keluarga, tentu itu dapat mempererat dan mengakrabkan hubungan antar anggota keluarga. Jauh lebih bermanfaat bukan?

Happy New Year 2013Akhirnya, Diva Angelia beserta keluarga mengucapkan, “Selamat Tahun Baru 2013”. Semoga di tahun yang baru ini kita semua diberikan kesehatan dan kebahagiaan serta kehidupan yang lebih sejahtera.


[1] Tugas Sosiologi, mengamati kehidupan sosial pada moment menyambut tahun baru 2013 di lingkungan sekitar.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan copy dimana saja dan mohon kerelaannya untuk mencantumkan link berikut ini: https://abelpetrus.wordpress.com/creativity/persiapan-menyambut-tahun-baru-2013/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s