Agama Hindu Sudah Rusak

BALI ADNJANA, Kemis Pon, 1 Januari 1925

AGAMA HINDU SUDAH RUSAK

ncp-mdb

Agama Hindu Sudah RusakApabila ada orang Bali Hindu yang semata-mata masih memeluk agama Hindu (menurut caranya dan keadaan sanggahnya), mengeluarkan perkataan “agama Hindu di Bali rusak”, tentu kita tidak akan percaya sebab mustahil akan ada kejadian seperti tersebut diatas.

Benar-benar ada perkataan mengatakan agama Hindu di Bali rusak, yaitu dikeluarkan oleh Ketut Nasa kepala sekolah di Bubunan dan juga sebagai Vice President dari perkumpulan Santy, yang maksudnya meneguhkan agama. Demikianlah pada awalnya:

Pada tanggal 10 Mei  1925 di Banjar diadakan Algemeen Bestuurvergadering, yang dihadiri oleh semua Bestuur perkumpulan Santy di Kubutambahan, Singaraja dan Bubunan, dimana akan dibicarakan tentang Ontwerp Statuten. Setelah Vergadering dibuka oleh Wd. Voorzitter Hoofdbestuur Tuan I Nyoman Kadjeng dan diterangkan asas perkumpulan yaitu “Meneguhkan Agama Hindu Bali” , artinya meneguhkan agama Hindu yang ada serta berlaku di Bali, maka disitulah Ketut Nasa berkata bahwa ia tidak sependapat dengan asas tersebut, sebab agama Hindu Bali rusak. Seketika itu lalu dijawab oleh Voorzitter katanya agama tidak bisa rusak, tetapi orang yang memeluk bisa menjadi rusak, karena keliru melakukannya. Keputusan Vergadering mufakat pada asas perkumpulan yaitu “Meneguhkan Agama Hindu Bali”.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan copy dimana saja dan mohon kerelaannya untuk mencantumkan link berikut ini: https://abelpetrus.wordpress.com/history/bali-adnjana/agama-hindu-sudah-rusak/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s