PENGENALAN SCRATCH

Scratch adalah bahasa pemrograman grafis yang dapat kamu gunakan secara gratis. Hanya dengan drag and drop sebuah blok warna, kamu dapat membuat cerita, games, animasi, musik, seni, dan presentasi. Dengan Scratch kamu juga dapat meng-upload hasil proyek Scratch ke Internet untuk berbagi dengan programmer Scratch dari seluruh dunia. Scratch dirancang untuk bermain, pembelajaran sendiri dan animasi.

Scratch merupakan nama cara untuk hip-hop disc jockeys (DJ) dalam menggabungkan potongan musik, menggunakan teknik yang disebut scratching. Dengan cara yang sama, programmer Scratch menggabungkan media yang berbeda seperti (gambar, foto, efek suara, dan sebagainya) dengan cara menarik untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Scratch dikembangkan untuk anak berusia 8 tahun dan lebih untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan belajar yang kreatif pada abad ke-21. Pada saat kamu membuat program, maka kamu akan belajar matematika dan konsep komputer yang meningkatkan pemikiran kreatifmu, penalaran logis, pemecahan masalah, kolaborasi keterampilan, dan tentunya ada sentuhan estetika (seni). Merancang proyek Scratch membuat kamu dapat berpikir kreatif. Merancang proyek Scratch juga membuatmu dapat belajar bagaimana mengatasi hambatan dan memecahkan masalah.

Agar kamu lebih tertarik lagi untuk belajar coding Scratch, simaklah video berikut ini:

Pelajari lebih lanjut tentang Coding Scratch

  1. Join Scratch
  2. Menu Scratch
  3. Mengenal Fungsi Blok