WHAT IS GEOGRAPHY?

Untuk apa kita belajar Geografi jika tidak mengetahui.

Geografi adalah studi tentang lanskap bumi, masyarakat, tempat dan lingkungan. Hal ini, cukup sederhana, tentang dunia di mana kita hidup.

Geografi adalah unik dalam menjembatani ilmu-ilmu sosial (geografi manusia) dengan ilmu-ilmu alam (geografi fisik) geografi Manusia menyangkut pemahaman tentang dinamika budaya, masyarakat dan ekonomi, dan geografi fisik menyangkut pemahaman tentang dinamika lanskap fisik dan. lingkungan.

Geografi menempatkan pemahaman tentang proses sosial dan fisik dalam konteks tempat dan daerah – mengenali perbedaan besar dalam budaya, sistem politik, ekonomi, lanskap dan lingkungan di seluruh dunia, dan hubungan antara mereka. Memahami penyebab perbedaan dan ketidaksetaraan antara tempat dan kelompok sosial mendasari banyak perkembangan baru dalam geografi manusia.

Geografi memberikan kerangka ideal untuk berhubungan bidang pengetahuan lainnya. Tidaklah mengherankan bahwa mereka dilatih sebagai ahli geografi yang sering berkontribusi besar terhadap manajemen yang diterapkan sumber daya dan lingkungan.

Geografi adalah, dalam arti yang luas, pendidikan untuk hidup dan untuk hidup. Belajar melalui geografi – apakah diperoleh melalui pembelajaran formal atau berdasarkan pengalaman melalui perjalanan, kerja lapangan dan ekspedisi – membantu kita semua untuk menjadi lebih sosial dan lingkungan yang sensitif, informasi dan bertanggung jawab warga dan karyawan.

Geografi memberitahu kita tentang:

  1. Tempat dan masyarakat di mana kita hidup dan bekerja
  2. Kami alami lingkungan dan tekanan yang mereka hadapi
  3. Keterkaitan dunia dan masyarakat kita di dalamnya
  4. Bagaimana dan mengapa dunia berubah, secara global maupun lokal
  5. Bagaimana individu dan masyarakat: tindakan berkontribusi terhadap perubahan-perubahan
  6. Pilihan yang ada dalam mengelola dunia kita untuk masa depan
  7. Pentingnya lokasi dalam bisnis dan pengambilan keputusan

Berikut ini adalah materi-materi proses belajar mengajar Bidang Studi Geografi tingkat SMP:

  1. Atmosfer
  2. Globe
  3. Kamus Geografi
  4. Keragaman Bentuk Muka Bumi
  5. Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk Indonesia
  6. Kondisi Geografis dan Penduduk Indonesia
  7. Permasalahan Penduduk
  8. Peta

Untuk mendapatkan materi ini dalam bentuk e-book, Anda pilih menu download, lalu pilih judul sesuai dengan materi-materi tersebut di atas.

Semoga bermanfaat.
Selamat Belajar & Tetap Semangat…
Tuhan memberkati.

Leave a comment