KONDISI GEOGRAFIS ASIA TENGGARA

Studi Ilmu Sosial: Cara belajar ilmu sosial zaman now

Kawasan Asia Tenggara merupakan bagian dari Benua Asia. Di kawasan ini terdapat 10 negara yang tergabung dalam organisasi negara-negara Asia Tenggara yang disebut ASEAN (PERBARA: Persatuan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara). Wilayah Asia Tenggara terbagi atas wilayah daratan yang disebut India belakang dan wilayah perairan atau kepulauan. Bagaimanakah kondisi Asia Tenggara?

Sebelum kamu mempelajari materi ini, silahkan simak video berikut:

Click Here Youtube Channel: STUDI ILMU SOSIAL –Selamat Belajar– Click Here Youtube Channel: STUDI ILMU SOSIAL

I. Letak Astronomis dan Geografis

Secara astronomis, kawasan Asia Tenggara terletak antara 29°LU – 11°LS dan 93°BT – 141°BT. Dilihat dari letak geografisnya, kawasan Asia Tenggara terletak antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, serta antara Benua Asia dan Benua Australia. Letak geografis Asia Tenggara ini sangat strategis, karena merupakan jalur lalu lintas perdagangan internasional.

Asia Tenggara berbatasan dengan Republik Rakyat Cina dan laut Cina Timur di sebelah utara; Samudra Pasifik dan negara Papua Nugini di timur; Samudra Hindia dan Benua Australia di selatan; dan Samudra Hindia, Teluk Benggala, Laut Andaman dan Bangladesh di barat.

Asia Tenggara biasa dipilah dalam dua kelompok: Asia Tenggara Daratan (ATD) dan Asia Tenggara Maritim (ATM) atau biasa dikenal negara-negara kepulauan. Negara-negara yang berada di daratan (ATD) adalah Myanmar; Kamboja; Laos; Thailand; dan Vietnam. Negara-negara yang berada di kepulauan (ATM) adalah Malaysia, meskipun ada bagian yang tersambung ke benua Asia, biasa dimasukkan ke dalam ATM karena alasan budaya; Singapura; Brunei Darussalam; Indonesia; Timor Leste; dan Filipina. Semua negara Asia Tenggara terhimpun ke dalam organisasi ASEAN.

Timor Leste yang sebelumnya merupakan bagian dari Indonesia telah mengajukan diri menjadi anggota ASEAN pada tahun 2011, walaupun oleh beberapa pihak, atas alasan politis, negara ini dimasukkan ke kawasan Pasifik.

II. Luas Wilayah

Luas wilayah negara-negara di Asia Tenggara seluruhnya mencapai 4.165.107 km². Luas daratan Asia Tenggara sekitar 2.257.784 km². Negara yang memiliki wilayah paling luas adalah Indonesia (1.904.569 km²), sedangkan negara dengan wilayah paling sempit adalah Singapura (660 km²). Berikut ini luas masing-masing negara di Asia Tenggara:

III. Letak Geologis

Asia Tenggara terletak pada pertemuan tiga lempeng besar bumi, yaitu Eurasia; Indo-Australia; dan Pasifik, oleh karena itu dimungkinkan kawasan ini terkena guncangan gempa bumi sebagai akibat dari aktivitas lempeng bumi tersebut. Pada kawasan ini membentang pegunungan yang merupakan bagian dari Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik. Aktivitas vulkanik berdampak positif pada kesuburan tanah di kawasan ini. Tingkat kesuburan tanah yang tinggi mendukung kegiatan pertanian, sehingga kawasan ini bercorak agraris.

GAMES KONDISI GEOGRAFIS ASIA TENGGARA

https://www.liveworksheets.com/ok3137300it

DAFTAR PUSTAKA
CD Interaktif Multimedia Pembelajaran Geografi Kelas 8, Asia Tenggara. Lebah Kreasi Multimedia.
Kurnia, Anwar. 2016. IPS TERPADU: SMP Kelas VIII. Jakarta: Yudhistira. Hal. 2-5.

Supardi, dan Tri Worosetyaningsih. 2016. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL: SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: PT Bumi Aksara

Wikipedia. Asia Tenggara, dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Asia_Tenggara. Download: 14 Februari 2020

Leave a comment