Literasi Perubahan Sosial Budaya: Warung Tetangga dan Ritel Minimarket

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Materi Perubahan Sosial Budaya
Kurikulum 2013
Kelas IX / Semester II

I. Tahap Literasi Menyimak dan Membaca (Skor 10 poin)

  1. Simaklah video “Ketika Warung Tetangga Bermain Mata” https://youtube.com/shorts/PF5a7_6_uOQ?si=POlRdAtRLHMIaVC0
  2. Bacalah artikelnya “Warung Tetangga: Masa Lalu Yang Terlupakan” dengan mengakses link berikut: https://abelpetrus.wordpress.com/sociology/warung-tetangga-masa-lalu-yang-terlupakan-oleh-ritel/
  3. Tuliskan informasi apa yang kamu dapatkan pada video dan teks bacaan tersebut (Skor 10 poin).

II. Tahap Analisis Kritis (Skor 50 Poin)
Setelah menyimak video dan membaca artikel dan menuliskan informasi di atas, jawablah pertanyaan berikut ini:

  1. Mengapa interaksi sosial di warung tetangga penting bagi komunitas? (Skor 10 Poin)
  2. Bagaimana peralihan ke belanja di minimarket ritel dapat mempengaruhi hubungan sosial dan kebersamaan dalam sebuah komunitas? Jelaskan! (Skor 20 Poin)
  3. Bagaimana perubahan dari berbelanja di warung tetangga ke minimarket ritel seperti Indomaret dan Alfamart mencerminkan perubahan sosial berupa pola konsumsi dalam masyarakat? (Skor 20 Poin)

    Keterangan: Untuk setiap penjelasan yang kamu berikan dengan menggunakan referensi untuk memperkaya dari internet, maka wajib mencantumkan link sumbernya.

III. Tahap Mengaitkan Konsep Perubahan Sosial Budaya (Skor 40 Poin)
Setelah menjawab pertanyaan di atas, ceritakanlah pengalamanmu terkait dengan Perubahan Sosial Budaya yang kamu alami sendiri

  1. Berikan contoh konkret dari perubahan tersebut berdasarkan pengalaman pribadi terkait dengan perubahan sosial budaya. Cerita bisa pengalaman yang sama seperti kisah “Warung Tetangga dan Ritel”, atau bisa juga yang lain, seperti K-Pop, pergaulan remaja, atau yang lainnya sesuai dengan apa yang kamu alami dalam kehidupan sehari-hari, yang ceritanya mengandung pemahamanmu terhadap konsep perubahan sosial budaya. (Skor 20 Poin)
  2. Jelaskan pada bagian apa konsep perubahan sosial budaya yang terjadi pada cerita pengalamanmu! Silahkan kamu eksplorasi atau mempelajari materi Perubahan Sosial Budaya pada GC IPS 9B. (Untuk setiap penjelasan yang kamu berikan dengan menggunakan referensi untuk memperkaya dari internet, maka wajib mencantumkan link sumbernya) (Skor 20 Poin)

Silahkan Anda gunakan untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS Kelas IX.

Jika LKS Literasi ini bermanfaat, mohon kerelaannya untuk subscribe channel Studi Ilmu Sosial melalui link berikut: https://www.youtube.com/@studiilmusosial

Terima kasih


Rubrik Penilaian Literasi Studi Kasus Perubahan Sosial Budaya: Warung Tetangga dan Ritel Minimarket
I. Menuliskan Informasi Teks dan Video

  1. Tuliskan informasi apa yang kamu dapatkan pada video dan teks bacaan tersebut (10 poin): Kemampuan mengidentifikasi tema utama dari studi kasus.

II. Setelah menyimak video dan membaca artikel: Analisis Kritis (50 poin)

  1. Mengapa interaksi sosial di warung tetangga penting bagi komunitas? (10 poin): Analisis kritis terhadap dampak peralihan ke ritel minimarket pada hubungan sosial dan kebersamaan dalam komunitas.
  2. Jelaskan bagaimana peralihan ke belanja di minimarket ritel dapat mempengaruhi hubungan sosial dan kebersamaan dalam sebuah komunitas? (20 poin)
  3. Bagaimana perubahan dari berbelanja di warung tetangga ke minimarket ritel seperti Indomaret dan Alfamart mencerminkan perubahan sosial berupa pola konsumsi dalam masyarakat? (20 poin): Penggunaan konsep sosial budaya yang relevan dalam analisis.

III. Setelah menjawab pertanyaan di atas ceritakanlah pengalamanmu terkait dengan Perubahan Sosial Budaya: Pengalaman Pribadi (40 poin)

  1. Berikan contoh konkret dari perubahan tersebut berdasarkan pengalaman pribadi (20 poin): Deskripsi pengalaman pribadi yang relevan.
  2. Jelaskan pada bagian apa konsep perubahan sosial budaya yang terjadi pada cerita pengalamanmu! (20 poin): Penjelasan tentang konsep perubahan sosial budaya dalam pengalaman pribadi, dengan referensi jika perlu.

Total Poin 100


Leave a comment