Atmosfer

ATMOSFER

Petrus Haryo Sabtono

Disampaikan dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi SMPK Santo Yoseph Denpasar

ncp-mdb

Untuk mendapatkan materi ini dengan format pdf (ebook) silahkan klik menu download lalu pilih sesuai dengan judul materi ini.

Selamat Belajar & Tetap Semangat.

Tuhan Memberkati

bulan-dan-bumiUdara adalah komponen utama dalam kehidupan manusia. Semua makhluk yang hidup akan mati tanpa adanya udara. Apa sebenarnya yang kamu ketahui tentang udara? Udara terbentuk dari sejumlah gas, sebagian kecil partikel debu dan air. Air yang sudah berbentuk gas merupakan kandungan pokok dalam udara, atau yang lebih umum disebut uap air. Sebagian besar gas, partikel debu, dan air dapat ditemukan pada bagian terbawah dari lapisan atmosfer. Apa atmosfer itu? Apa manfaatnya bagi kehidupan? Bagaimana cuaca dan iklim dapat mempengaruhi kehidupan manusia? Kamu akan mendapatkan jawaban dari semua pertanyaan itu setelah mempelajari materi dalam rangkuman materi ini.

I. Pengertian Atmosfer

Manusia dan segala makhluk dapat hidup di bumi, salah satunya karena bumi diselubungi atmosfer yang tebal hampir 1000 km. Atmosfer berasal dari kata atmos yang berarti uap dan spharia yang berarti bola. Jadi, atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti/menyelubungi bumi. Atmosfer terdiri dari campuran gas, air, dan partikel debu. Keberadaan lapisan udara ini tetap di tempatnya karena adanya gaya tarik bumi yang cukup besar. Berikut ini adalah gambar gas-gas utama yang ada dalam atmosfer:

Gas Atmosfer

II. Komposisi dan Susunan Atmosfer

Komposisi dan kondisi atmosfer senantiasa berubah setiap waktu. Komposisi dan kondisi atmosfer pada saat sekarang berbeda dengan ribuan tahun yang lalu, dan akan berbeda dengan ribuan tahun yang akan datang.

Bumi kita yang luasnya sekitar 510.000.000 km² dilapisi atmosfer seberat 5 x 10ⁱ⁵ ton. Setiap bidang dipermukaan bumi seluas 1m² pada ketinggian nol meter (0 m) di atas permukaan laut mendukung atmosfer seberat 10.0336 ton. Atmosfer setebal itu memiliki lima lapisan utama. Setiap lapisan memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda. Berikut ini adalah gambar lapisan atmosfer yang menyelubungi bumi:

Lapisan-atmosfer

Lihatlah karakteristik lapisan-lapisan atmosfer pada tabel di bawah ini:

Tabel Karakteristik Lapisan-Lapisan Atmosfer
No. Lapisan & Ketinggian Karakteristik
1. Troposfer
  • Lapisan udara yang paling bawah, tempat manusia, hewan, dan tumbuhan hidup
  • Ketebalan troposfer tidak sama, di atas Kutub Utara 11 km dan di atas Kutub Selatan 9 km
  • Lapisan yang paling padat (75%) dari lapisan atmosfer
  • Suhu udara di daerah tropis pada ketinggian 0 m di atas permukaan laut berkisar 27°C, sedangkan di bagian atas yang berbatasan dengan tropopause suhunya berkisar -62°C. Dengan demikian, setiap ada kenaikan tinggi tempat maka suhunya semakin turun. Berdasarkan Teori Braak, setiap naik 100 m, maka suhu akan turun 0,61°C
  • Terjadi berbagai peristiwa cuaca pada lapisan ini, seperti awan, hujan, angin, badai, petir, dan siklon.
Tropopause
  • Merupakan batas atas lapisan troposfer.
  • Antara kedua lapisan itu (troposfer dan tropopause) terdapat daerah peralihan yang tebalnya 2 km.
  • Pada sekitar ketinggian 12 km, suhu udara berhenti turun konstan.
2. Stratosfer
  • Lapisan di atas tropopause.
  • Pada ketinggian berkisar 49 km, suhu atau temperatur tetap (konstan) ± -60°C merupakan lapisan isothermal pada ketinggian 12 – 20 km
  • Terdapat lapisan inverse pada ketinggian antara 20 – 49 km dengan suhu udara mencapai -5°C.
  • Terdapat lapisan ozon (O₃) yang menyerap sinar ultraviolet.
Stratopause
  • Merupakan pembatas antara stratosfer dengan mesosfer
  • Pada lapisan ini suhunya hampir sama dengan suhu di permukaan bumi.
3. Mesosfer Meteor
  • Lapisan di atas stratosfer.
  • Pada lapisan ini, energi matahari yang diserap hanya sedikit sehingga temperatur turun dengan sangat tajam, yaitu padaketinggian 80 km suhunya dapat mencapai -90°C.
  • Lapisan mesosfer melindungi bumi dari benda-benda meteor dan benda-benda luar angkasa yang menuju ke bumi.
Mesopause
  • Merupakan batas atas lapisan mesosfer.
  • Suhu udara dapat mencapai -90°C.
4. Thermosfer
  • Lapisan di atas mesosfer
  • Terjadi penguraian gas menjadi atom-atom sebagai akibat dari radiasi ultra violet dan sinar X, serta berkurangnya daya campur antargas.
  • Lapisan ini disebut juga dengan lapisan panas (hot layer).
  • Suhu udara di bagian bawah berkisar -90°C, sedangkan di bagian atas mencapai ± 1010°C.
Ionosfer
  • Lapisan di atas thermosfer.
  • Terdapat banyak proses ionisasi. Ionisasi adalah proses dimana atom yang netral kehilangan sebuah elektron dan dari sebuah elektron akan terjadi ion negatif. Oleh karena itu, lapisan ini bermuatan listrik.
  • Lapisan ini berfungsi sebagai bidang pantul gelombang radio.
5. Eksosfer
  • Merupakan lapisan paling luar yang menyatu dengan ruang hampa udara di angkasa luar.
  • Molekul-molekul pada lapisan ini selalu bergerak dengan kecepatan yang tinggi.
  • Batas atas lapisan ini adalah ruang antarplanet.
  • Pada lapisan ini molekul udara sudah sangat langka. Hal ini memungkinkan terlepasnya partikel-partikel netral terhadap pengaruh gravitasi bumi. Ini disebabkan pengaruh angkasa luar lebih besar sehingga malekul-molekul yang ada sering meninggalkan atmosfer.
Sumber gambar: “Atmosfer”, dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Atmosfer. Download: 14 Januari 2013.

III. Manfaat Atmosfer bagi Kehidupan Bumi

Tanpa atmosfer tidak akan ada kehidupan di muka bumi ini. Mengapa? Atmosfer mempunyai peranan besar dan merupakan salah satu pendukung dalam kehidupan yang ada di permukaan bumi. Ada beberapa fungsi atmosfer, yaitu sebagai berikut:

  1. Menjaga suhu di bumi tetap hangat. Pada siang hari, atmosfer menyerap dan memantulkan sebagian bsar sinar matahari sehingga suhu di bumi tidak terlalu panas. Sebaliknya, pada malam hari atmosfer berfungsi sebagai selimut, yaitu menghalangi pelepasan panas yang diterima bumi dari matahari. Oleh karena itu, amplitudo suhu di bumi antara siang dan malam hari tidak terlalu besar.
  2. Melindungi bumi terhadap benda-benda dari luar angkasa (meteor) yang jatuh ke bumi. Meteor akan hancur di atmosfer sebelum sampai ke permukaan bumi karena bergesekan dengan udara, seperti pada animasi berikut ini:Mesosfer
  3. Atmosfer berfungsi sebagai filter terhadap pancaran sinar matahari yang bergelombang pendek, seperti sinar alpha, sinar gamma, sinar beta, dan sinar ultraviolet. Sinar-sinar tersebut mempunyai daya tembus sangat besar sehingga sangat berbahaya bagi kehidupan di bumi.
  4. Menyediakan gas-gas yang penting bagi kehidupan di bumi, seperti gas oksigen dan karbondioksida.
  5. Atmosfer membawa perubahan di permukaan bumi, seperti terjadinya angin, awan, curah hujan, siklus air, dan berbagai unsur fisik lain di bumi.
  6. Ionosfer merupakan salah satu lapisan atmosfer yang berfungsi memantulkan gelombang radio. Dengan adanya lapisan ini, siaran radio dari sebuah stasiun pemancar dapat diterima oleh radio penerima, walaupun jaraknya sangat jauh.

Untuk memperdalam materi atmosfer, simaklah video berikut ini:

 

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan copy dimana saja dan mohon kerelaannya untuk mencantumkan link berikut ini: https://abelpetrus.wordpress.com/geography/atmosfer/

Daftar Pustaka

“Atmosfer”, dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Atmosfer. Download: 14 Januari 2013.

Nurdin, Muh. (et.al). 2008, Mari Belajar IPS 1: untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Umasih dan Dwi Sukanti LN. 2005, Pengetahuan Sosial: Sosiologi dan Geografi. Zaini, Sugiasih (Ed.). Jakarta: Ganeca Exact.

Tim Excelen, LKS Geografi dan Sosiologi: untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Surakarta: CV. Media Semesta.

Aplikasi Pembelajaran Geografi Nextedu, Jakarta: PT. Infiniti Reka Solusi.

CD Interaktif Multimedia Pembelajaran Geografi Kelas 7, Informasi Keruangan Peta, Atlas dan Globe. Lebah Kreasi Multimedia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s